Minggu, 19 Desember 2010

Baksos RamaDhan

Garung Wiyara, 3-4 September 2010. HIMDEKA sebagai gerakan mahasiswa Prodi DIII Keperawatan melaksanakan bakti sosial ramadhan di Kandangserang, tepatnya Desa Garung Wiyara. Sebagai wujud bakti atas ilmu yang diperoleh selama belajar di bangku kuliah maka dalam kegiatan ini dilaksanakan pendidikan kesehatan dan juga bakti sosial berupa pemeriksaan gratis untuk masyarakat.

Meskipun harus melalui perjalanan panjang dengan rute jalan rusak yang naik turun serta berkelok-kelok, tetapi tidak mengurangi semangat mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ini. Apalagi melihat antusiasme warga yang begitu besar tampaknya sepadan dengan perjalanan yang ditempuh. Menurut Ira Iza, mahasiswa yang berasal asli dari Garung Wiyara, di daerah tersebut memang masih belum terjamah oleh kegiatan-kegiatan mahasiswa.

Kegiatan yang dilaksanankan selama dua hari satu malam ini, menjadi serangkaian kegiatan yang telah direncanakan secara matang. Acara dimulai selepas Ashar yaitu pendidikan anak-anak tentang personal hiegine, kemudian dilanjutkan buka bersama. Selepas Tarawih, dilanjutkan Pendidikan Kesehatan oleh Mahasiswa. Materi yang disampaikan adalah tentang hipertensi. Hal ini dikarenakan menurut warga, banyak warga garung Wiyara yang menderita Hipertensi. Selesai kegiatan Pendidikan Kesahatan Masyarakat ini mahasiswa juga ikut bertadarus bersama dipimpin oleh Sofyan.
Acara dilanjutkan pagi hari berupa pemeriksaan Gratis untuk warga. Berbagai pemeriksaan dilakukan di halam masjid. Warga berduyun-duyun berdatangan. Acara dimulai pukl 7.30 yang berakhir pukul 10.00 pagi. Dalam kegiatan ini, juga dibagikan leaflet, kalender dan kenang-kenangan lainnya kepada warga. Meski selama kegiatan hujan terus mengguyur, tetapi tidak mengurangi keberhasilan acara.

Menurut Adi Susilo sebagai ketua panitia dalam kegiatan ini, “ Kegiatan ini berlangsung sangat mengasikan karena dapat saling berbagi, meskipun saya pusing dalam perjalan di bus.”. Selain anggota Himdeka, acara ini juga dihadiri anggota BEM/IMM, Hisdan dan Imsaka. “ Hebat, antusiasme warga desa garung wiyara sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Saya kira sangat tepat Himdeka memilih tempat untuk pengabdian masyarakat, semoga kegiatan selanjutnya akan lebih sukses lagi. Saya ungkapkan salut buat Himdeka.” Komentar Dedy setyawan, selaku perwakilan dari BEM.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Template by:

Free Blog Templates