Minggu, 19 Desember 2010

Baksos BEM


Doro, 5 September 2010. Ramadhan mulai memasuki sepuluh hari terakhir. Dalam menyambut bulan suci nan fitri, BEM/IMM Stikes Muhammadiyah Pekajangan mengadakan Bakti Sosial di Kecamatan Doro. Wilayah yang terletak di selatan kabupaten Pekalongan ini menjadi tempat pilihan anak-anak BEM mengamalkan ilmunya yang telah di dapat selama masa Studinya.
Acara pertama yaitu Pendidikan kesehatan kepada masyarakat yang dimulai selepas sholat Ashar berjamaah di masjid Baitul Mutaqin. Acara berlangsung seru, bahkan terjadi debat antara mahasiswa dan warga masyarakat. Acara terus berjalan sampai tiba adzan magrib tiba. Acara dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan sholat magrib.
Selepas tarawih, mahasiswa membuka balai pemeriksaan gratis yang juga dilaksanakan di masjid. Acara berlangsung sangat ramai. Para jamaah masjid menyerbu pemeriksaan, bahkan terjadi antrian yang cukup panjang. Pemeriksaan yang dilakukan juga bervariasi. Mulai dari pemeriksaan golongan darah. Pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kadar lemak, dan pemeriksaan tekanan darah. “Acara berhasil. Banyak warga yang ingin diperiksa. Kita punya tenaga dan alat yang cukup, jadi bisa dibilang latihan sebagai tenaga kesehatan.” Kata Aisyah, salah seorang anggota BEM menambahkan.
Setelah acara selesai, para anggota BEM/IMM ini kembali ke tempat transit, yaitu di rumah Nining Suaibah mahasiswa D3 Kebidanan Stikes Muhammadiyah Pekajangan. Semua anggota BEM yang hadir tampak sangat senang dengan kesuksesan kegiatan mereka. Menurut nining, kegiatan ini juga sangat bagus. Karena masih banyak warga yang belum tau tentang kesehatan.
“Pengabdian masyarakat yang ini benar-benar pengabdian masyarakat paling asik dari pemgabdian yang pernah saya ikuti. Masyarakatnya antusias dan rame banget. Dari mulai penyuluhan sampai pemeriksaan gratis. Kita semua keteteran tapi malah mengasikan. Walapun masyarakatnya banyak yang ikut tapi semua bisa tertib dan tidak semprawut. Apalagi waktu penyuluhan, penyuluhan yang paling interaktif yang pernah kita adain. Masyarakatnya kritis banget dan tidak malu untuk bertanya, sampai waktu tidak cukup untuk tanya jawab dan kita keteteran untuk menjawabnya, hehehe... pokoknya asik, jadi pingin pengabdian masyarakat disana lagi.” Komentar Husni Purnomo anggota bidang Organisasi yang juga ikut terjun langsung dalam kegiatan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Template by:

Free Blog Templates