Kamis, 07 Maret 2013

LOMBA NOVEL JEPANG

awal tahun 2013 banyak banget lomba menulis loh....
bawaanya pingin banget ikut semuanya...
Fiuhh.... (lap keringat)...
ternyata banyak tak tergapai juga DLnya... hm....

setelah mikir2, kayaknya udah agak lama juga blog aku gak tersentuh...
saking sibuknya bikin proyek nulis Novel. hehe....
Moga-moga menang! moga-moga diterbitkan!

karena baik hatinya dakuw.. (PD)
jadi pingin bagi-bagi info deh...
kali aja ada yang berminat buat ikutan juga...

lomba pertama....
(Aku juga ikut nih....)

LOMBA NOVEL JEPANG DARI DE TEENS, lini baru di DIVA PRESS

chek it out yukkk....


Ohayo!
Buat kamu yang suka dengan Jepang, de TEENS bekerja sama dengan penerbit PING!!! dan GACA mengadakan lomba novel Jepang berhadiah utama jalan-jalan ke Bali untuk 3 orang. Sebelum kamu ikutan, ada beberapa ketentuan nih yang perlu kamu tahu. Novel kamu harus menghadirkan detail spot-spot keren di Jepang dan deskripsi yang mendetail (boleh perkotaan atau pedesaan yang itu benar-benar nyata, kampus, pusat perbelanjaan, toko kelontong, perkebunan, pantai, dll), tokohnya harus orang Jepang, melibatkan kebiasaan masyarakat setempat yang unik dan belum banyak diketahui orang selain Jepang atau yang bermukim di sana (tapi sifatnya berlaku umum).


Akan menjadi nilai plus jika bisa menggambarkan perjalanan dengan menggunakan sarana transportasi lokal, harga tiket, rute, lama perjalanan yang ditempuh, pemandangan yang dilihat selama perjalanan, dll. Tidak lupa, sesekali memasukkan bahasa Jepang yang sehari-hari digunakan masyarakatnya (bukan bahasa Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang).
Genrenya adalah teenage Japanese romance, jadi tokoh utamanya adalah remaja Jepang (16-22 tahun), memunculkan konflik yang rumit selain juga tentunya berbumbu percintaan antar tokoh-tokohnya. Tokoh-tokoh lainnya tidak ada pembatasan usia.
Ending harus dibuat sulit ditebak oleh pembaca. Faktor logis harus dipertimbangkan (misalnya: tidak mungkin orang-orang Jepang memakai jaket tebal ketika musim panas, kecuali sedang sakit)
Kamu harus menyediakan sinopsis utuh (dari awal hingga akhir cerita) sebanyak 2 halaman (format sinopsis sama dengan naskah novel) yang menguraikan alur serta semua konflik dalam novel dan nilai plus apa saja yang terdapat di dalamnya. Tuliskan juga kelebihan dari naskah novel kamu.

Format naskah:
Tebal naskah 130-150 halaman, spasi 2, font Times New Roman ukuran 12 pts, ukuran kertas A4, justified, margin 4 cm (atas dan kiri) 3 cm (kanan dan bawah)
Kirimkan karya original kamu ke: lombadiva@gmail.com mulai 15 Februari -15 Maret 2013 (paling lambat pukul 15.00 WIB)
Judul email: #lombanoveljepang, format file: namajudul karya. (Contoh: Keisuke The Last Sakura).
Sertakan juga biodata narasi kamu (berisi alamat lengkap, nomor HP, facebook, twitter), silakan digabungkan dalam satu file word sekaligus.
Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah novel. Lama penjurian 1 bulan.
Peserta diwajibkan LIKE fanpage: de TEENS dan follow twitter @de_teens dan buat status atau tweet yang isinya “Saya sudah mengikuti lomba menulis #lombanoveljepang” setelah kamu mengirimkan naskah.
Selain mendapatkan kesempatan hang out bareng de TEENS di Bali, naskah kamu juga akan kami terbitkan dengan kontrak royalti/oplah, dan kesempatan bekerja sama dengan de TEENS untuk mengerjakan naskah-naskah lainnya.
So, selamat berkreasi n ganbatte!


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Template by:

Free Blog Templates