Senin, 07 Februari 2011

Hari pertama PKL-PKMD

Klunjukan. Senin, 17 januari 2011. Hari ini adalah hari pertama PKL-PKMD D3 Keperawatan dilaksanakan. Sayangnya kegiatan hari ini tidak terlaksana sebagaimana mestinya. Banyak sekali aral melintang yang menghalangi semua perjuangan saya. Sebel dech. Awal kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan. Acara yang terjadwal jam 10 ini, masih harus mundur. Padahal kita sudah sampai disini jam 8an lebih dikit. Gondok banget nungguin. Padahal Cuma nungguin satu orang doank. Ya sudahlah…
Selesai pembukaan anak-anak sedikit berbincang dengan kades dan perangkat. Trus kita ke basecamp masing-masing. Dan parahnnya tempat antara basecamp 1 dan yang lain jauh pula. Cewek di dukuh Klunjukan, cowok yang satu ada di dukuh Lobang dan satunnya di dukuh Sawi. Duh.. koordinasinya gimana?? Sebagai ketua PKL ini jujur saya bingung sekali.
Setelah itu, kami masing-masing ketempat basecamp masing-masing untuk beres-beres dan istirahat. Jam 4 saya panggil semua anak-anak dan kita lakukan penyamaan persepsi sebelum pengkajian. Saya pikir setelah itu kami dapat bergerak mendata warga. Ternyata saya salah. Koordinasi pendidikan dan perangkat desa beda. Semua beda persepsi. Jadi warga inginnya ketemu dulu baru pendataan. Padahal kami juga tidak punya waktu. Seharusnya kita Cuma punya waktu pendataan 2 hari, pengolahan data 3 hari, setelah itu MMD. Lha kalau ada perkenalan kita harus gimana? Mau kapan dan yang paling utama, gimana biayanya… Waduh… bikin pusing…
Ternyata emang ea sangat susah ketika kita terjun di masyarakat. Banyak hala yang menjadikan salah paham. Bayangkan, dimasjid itu banyak orang yang nungguin kita gara-gara kata “pengkajian”. Dikira masyarakat kita mau pengajian. Haduh…. Kacau….
Tapi aku berharap esok masalah bisa selesai dan dapat menyelesaikan semua tugas dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Template by:

Free Blog Templates